EVENT REPORT: OPENING CEREMONY LKS SMK XVII - 2019

8:34 PM

Geeeengs, aku mau cerita tentang pengalaman aku menghadiri Acara berkelas Nasional nih. Jadi Senin Pagi, 8 Juli 2019 aku mendapat undangan untuk menghadiri Opening Ceremony Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 atau disingkat LKSSMK XVII tahun 2019. "Apa sih LKS SMK 2019 itu .. ??? ". Jadi sekilas info ya gengs, acara ini adalah Lomba untuk Siswa-Siswi SMK tingkat Nasional, diikuti oleh siswa-siswi SMK beperestasi dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Kebayang kan betapa meriah nya perlombaan tersebut, dan ini adalah tahun ke 27 diadakannya acara tersebut. Nah pada tahun 2019 ini Kota Pelajar Yogyakarta menjadi Tuan Rumah perhelatan akbar tersebut. 

Jam 8 pagi saya sudah berada di Sportorium Universitas Muhamaddiyah Yogyakarta yang merupakan venue opening ceremony. Tampak arena sportorium sudah dipenuhi para peserta lomba bersama guru dan pendamping. Saya begitu salut melihat semangat adik adik SMK ini, pagi-pagi sudah bersemangat mengikuti acara pembukaan ini, ada yang memakai seragam sekolah , sampai dengan baju adat perwakilan daerah masing-masing, berwarna-warni dan unik disitu saya menyadari betapa indahnya Indonesia dengan keragaman  Budaya-nya. Sportorium sudah meriah dengan atribut dan umbul-umbul dekorasi bertuliskan LKSSMK XVII 2019 , SMK BISA SMK HEBAT, yang merupakan tagline dari acara ini.

Tidak Lupa Maskot dari acara LKSSMK 2019 yaitu  Prajurit Keraton ( Bregodo ) yang berlalu-lalang menyapa tamu undangan dan peserta yang datang. Karena acara ini diselenggarakan di Jogja maka Ikon yang diambil adalah Prajurit Keraton , yang mempunyai harapan serta filosofi Prajurit yang berjiwa ksatria, tangguh dan memiliki jiwa sportifitas tinggi. Diharapkan para peserta mampu menunjukkan jiwa sportifitas dan tangguh dalam mengikuti perlombaan ini. Begitu penuh harapan dan semangat yang tersirat dalam maskot Bregodo ini. 

Pukul 09.00 Acara di mulai, saya masuk kedalam hall Sportorium dan lagi-lagi saya dibuat Takjub, hall sebesar itu sudah penuh dengan riuh rendah para hadirin yang datang, ditambah dekorasi yang megah dengan tata panggung berbentuk Miniatur Kota Yogyakarta, pokoknya kerasa banget deh Jogjanya. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Direktur Pembinaan SMK Dr. IM Bakhrun  MM serta SEKJEN KEMENDIKBUD  Bapak Didik Suhardi Ph.d . . 
Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stansa, yang dimana lagu kebangsaan Indonesia Raya biasanya dinyanyikan 1 stansa saja, tetapi khusus acara pembukaan kali ini dinyanyikan Stansa Kedua dan Ketiga-nya, begitu khidmat saat menyanyikan Lagu Kebangsaan ini, ditambah lagi diiringi oleh megahnya Orchestra Tiup dan Paduan Suara dari SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. Rasanya saya merinding dan berkaca-kaca saat itu juga. Btw, ada yang tidak hafal Stansa Kedua dan Ketiga Indonesia Raya ?? (Sayapun tidak hafal tapi tenang saja liriknya tertera di big screen panggung, jadi bisa ikutan nyanyi.. )

Lalu acara berlanjut dengan parade Kontignen Peserta Lomba dari ke 34 Provinsi di Indoensia diiringi lagu daerah, begitu ramai sorak-sorai dari peserta dan supporter yang datang, parade kontignen menggunakan baju daerah ciri khas, begitu terlihat semangat mereka dalam mengikuti  kompetisi ini.

Acara dilanjutkan oleh Sambutan-sambutan dari tamu penting, dalam sambutannya Sri Sultan Hamengkubuwono ke X berpesan bahwa Siswa-siswi SMK harus Kompeten Menyongsong Industri 4.0, sesuai dengan tema yang diusung tahun ini. Harapannya Siswa-siswi SMK dapat selalu kreatif mengembangkan potensi diri, begitu pesan dari Sultan Hamengkubuwono, jadi harus semangat terus ya dek, perjalanan kalian masih sangatlah panjang. 
Setelah itu LKSSMK XVII tahun 2019 resmi dibuka ditandai dengan pemukulan Gamelan Jawa "Kenong" diikuti denga para Prajurit Bregodo yang muncul dari tengah layar LED yang terbuka  membawa Piala Maskot dari LKSSMK XVII 2019 dan diserahkan kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku tuan rumah dari acara ini.

Seremonial yang serius-seriusnya udah selesai nih, kini saat nya acara yang seru nya, yaitu acara hiburan, acara ini menampilkan tari-tarian tradisional Yogyakarta yang di bawakan oleh Siswa Siswi SMK di Yogyakarta, dan Paduan Suara serta Orkestra dari SMKN 2 Kasihan membawakan medley lagu-lagu daerah. Dan ada satu Kejutan yang tidak terduga yaitu penampilan spesial dari Finalis Indonesian Idol berasal dari Yogyakarta yaitu Brisia Jodi, wah kejutan banget kan tau aja nih panitianya kalo adik-adik SMA pasti nge-fans berat sama Brisia Jodie, dia membawakan lagu-lagu hits single nya dan kita pun diajak bernyanyi bersama, seru banget pokoknya. Salut untuk LKS SMK yang selalu membuat hal-hal kreatif menjadi nilai jual yang tinggi, bisa dilihat dari acara ini saja jelas sangat menaikan kualitas pendidikan khususnya Siswa-siswi SMK. Bangga aku tuh sama adik-adik SMK yang sekolah dan siap banget terjun ke dunia kerja dengan skill yang sangat baik. SMK BISA-SMK HEBAT !!


P.S : Untuk Informasi Lainnya bisa lihat di akun Twitter Dikdasmen Kemendikbud  dan akun Instagram Dikdasmen Kemendikbud yaa... :)

You Might Also Like

0 komentar

Hey! thank you for leave some comment in my blog,i really appreciate it! I will reply in your blog. :)